Menggambar



Mata Pelajaran
Seni Budaya aspek Seni Rupa

Kelas VII Semester 1

Kompetensi Dasar
3.1      memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan

Tujuan Pembelajaran
1.             mendeskripsikan pengertian menggambar
2.             mengidentifikasi jenis – jenis objek menggambar
3.             mengidentifikasi jenis-jenis unsur dan prinsip menggambar
4.             mengidentifikasi jenis-jenis alat dan media menggambar
5.             mendeskripsikan teknik dan langkah menggambar


Seni adalah hasil ciptaan manusia yang bersifat indah, tujuannya untuk menyampaikan ide, pesan, dan ekspresi. Berdasarkan media penyampaiannya, secara umum terdapat 4 cabang seni, yaitu seni rupa, seni tari, seni musik, dan seni teater. Seni rupa adalah seni yang disampaikan melalui media visual dan dinikmati dengan indera penglihatan.

Salah satu kegiatan seni rupa adalah menggambar. Hampir semua orang pernah menggambar. Ada perbedaan pengertian antara menggambar dan melukis. Perhatikanlah dua karya di bawah ini!
Karya penulis
Judul "Kembalinya Kesabelengan 212"
Media spidol di atas kertas



Karya penulis

Judul "Ki Wignyocarito"
Media cat minyak di atas kanvas



Objek yang dapat digambar dapat bermacam-macam sesuai dengan ide yang ingin disampaikan. Contoh berbagai jenis obyek gambar dapat dilihat pada gambar di bawah ini.


Karya penulis
Judul "Urip iku Urup"

Media ballpoint di atas kertas


Untuk menghasilkan gambar yang baik tentu saja dibutuhkan berbagai pemahaman, yaitu menyangkut unsur dan prinsip seni rupa, dalam hal ini menggambar. Unsur Alat dan media menggambar semakin bervariatif seiring dengan berbagai macam teknik yang juga terus berkembang. Untuk menghasilkan suatu gambar yang maksimal diperlukan langkah-langkah dari mulai persiapan hingga terselesaikannya gambar.

Tugas :
Setelah mencermati penjelasan awal tentang menggambar, buatlah sebanyak mungkin daftar pertanyaan untuk menggali berbagai pemahaman seputar kegiatan menggambar! Pertanyaan bisa diawali dengan kata apakah, apa saja, dan bagaimanakah. 


(Fajar Prihattanto)

0 Comments